Tugas Kapita Selekta Informatika – Implementasi Rencana Strategi Perusahaan Multinasional / Terbuka

PT. Holcim Indonesia Tbk

Merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri semen. Perusahaan ini terbentuk pertama kali dengan nama PT. Semen Cibinong pada tahun 1971. PT. Holcim Indonesia Tbk terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada tahun 1989. Kantor pusat perusahaan ini berlokasi di Jakarta.

Kegiatan Operasional

Holcim Indonesia (HIL) adalah perusahaan penyedia layanan dan bahan bangunan berbasis semen yang kegiatan usahanya berlangsung di dua negara, Indonesia dan Malaysia. Perusahaan memasok produk untuk memenuhi kebutuhan pasar ritel dan perumahan serta proyek pembangunan prasarana dan umum di dalam negeri. Kapasitas produksi gabungan HIL dan entitas anak di Indonesia mencapai 8,3 juta ton dan di Malaysia 1,2 juta ton.

Unit usaha Perusahaan adalah:

  • Dua pabrik semen di Jawa: di Narogong (NAR) dan Cilacap (CIL), serta 1,7 juta ton pabrik Tuban yang masih dalam pembangunan.
  • Dua fasilitas penggilingan semen: di Johor Bahru, Malaysia (HMSB) dan di Ciwandan (CWD), Jawa Barat
  • Holcim Beton (HB); entitas anak yang mengoperasikan beberapa tambang agregat terbesar di Indonesia, dan jaringan unit produksi beton siap pakai.

Pasar

Pasar utama HIL dan entitas anak di Indonesia adalah Pulau Jawa yang jumlah penduduknya mencapai 160 juta jiwa dimana pembangunan kawasan perumahan dan niaga berkembang dengan pesat, dan menuntut kebutuhan yang tinggi akan berbagai infrastruktur umum termasuk instalasi pembangkit listrik, pelabuhan, jalan tol dan prasarana transportasi air. Melalui HMSB kami memasok kebutuhan semen dan beton jadi untuk pengembangan kawasan ekonomi kota Iskandar.

Inovasi

Holcim terus berinovasi dalam semua rangkaian value chain. Inovasi menghasilkan produk dan layanan yangefisien dan mudah digunakan oleh pelanggan sekaligusmenyederhanakan proses produksi.Melalui program Solusi Rumah, Holcim menawarkanbahan bangunan hingga jasa pembangunan rumahdengan biaya terjangkau. Bisnis waralaba Solusi Rumahjuga sukses di seluruh Pulau Jawa. Pelanggan kamitermasuk pedagang besar, toko bahan bangunandan produsen produk bata-ton atau concrete product manufacturer (CPM). Kami memberikan pelatihanketerampilan kepada ahli bangunan untuk meningkatkanpenghasilan mereka, memperbaiki standar teknikpembangunan, termasuk masalah keselamatan kerja.Terobosan lainnya adalah mendirikan pusat distribusiritel (RDC) dan pusat distribusi kontraktor (CDC), yangmampu menyalurkan jajaran produk bahan bangunansemen maupun bukan semen, beton dan produkpracetak. Armada truk Holcim MiniMix menjangkaupelanggan secara khusus di lokasi pinggiran maupunperkotaan yang sesak dan padat.

 

Visi

Menyediakan lingkungan hidup yang sehat demi masa depan masyarakat.

Misi

Holcim Indonesia tumbuh dengan memberikan solusi pembangunan berkelanjutan yang fokus pada segmen pelanggan tertentu, melalui pengembangan sumber daya manusia, manajemen yang inovatif dan jaringan terpadu, sehingga menghasilkan keuntungan maksimal bagi para pemangku kepentingan, dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan dan kehidupan masyarakat.

Sejarah

PT Holcim Indonesia Tbk telah melalui perjalanan yang panjang di percaturan industri semen serta pembangunan sarana infrastruktur di tanah air. Perjalanan panjang kiprah PT Holcim Indonesia Tbk berawal saat masih bernama PT Semen Cibinong yang resmi didirikan pada tanggal 15 Juni 1971 dengan produk andalannya yaitu “Semen Kujang”. PT Semen Cibinong adalah perusahaan produsen semen swasta pertama yang ada di Indonesia. Pada tahun 1973, unit pertama yang berlokasi di Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor mulai dibangun dan baru siap beroperasi pada tahun 1975.

Langkah besar terjadi pada tanggal 10 Agustus 1977 ketika pada saat itu PT Semen Cibinong menjadi perusahaan produsen semen pertama yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta, dan kemudian satu tahun kemudian PT Semen Cibinong juga mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Surabaya. Ekspansi PT Semen Cibinong Tbk berlanjut dengan melakukan akuisisi atas mayoritas saham PT Semen Nusantara Cilacap pada tanggal 14 Juni 1993 yang kemudian dilanjutkan dengan pembelian 100 persen atas saham PT Semen Dwima Agung pada tahun 1995.

Titik awal perubahan terjadi pada tanggal 13 Desember 2001 ketika pada saat itu Grup Holcim secara resmi menjadi pemegang saham mayoritas (77,33 persen) PT Semen Cibinong Tbk, sejak saat itu PT Semen Cibinong Tbk mulai menjadi bagian dari Grup Holcim. Pada tanggal 1 Januari 2006 perusahaan ini resmi berubah nama menjadi PT Holcim Indonesia Tbk, sejak saat itu PT Holcim Indonesia Tbk menjadi salah satu perusahaan semen milik Grup Holcim.

Grup Holcim merupakan produsen semen, agregat dan beton siap pakai terkemuka di dunia yang berkantor pusat di negara Swiss, dengan total karyawan lebih dari 90.000 orang di seluruh pabrik yang berlokasi di lebih 70 negara. Kapasitas produksi Grup Holcim mencapai lebih dari 170 juta ton semen setiap tahunnya. PT Holcim Indonesia Tbk merupakan perusahaan publik Indonesia dengan mayoritas saham (77,33 persen) dimiliki dan diawasi oleh Holderfin BV Ltd, anak perusahaan dari Grup Holcim. Kepemilikan publik PT Holcim Indonesia Tbk dimiliki 11,15 persen oleh pemegang saham asing dan 11,52 persen oleh pemegang saham lokal. Saat ini jumlah karyawan yang bekerja pada PT Hocim Indonesia Tbk adalah 2.401 orang.

Komitmen PT Holcim Indonesia Tbk pada profesionalisme dan kualitas terbukti saat mendapatkan sertifikasi internasional bidang Sistem Mutu atau ISO 9002 dari SGS (Societe Generale de Surveillance) untuk Pabrik Narogong dan Cilacap. Setahun kemudian PT Holcim Indonesia Tbk memperoleh ISO 14001 atau sertifikasi internasional di bidang Sistem Manajemen Lingkungan juga untuk Pabrik Narogong dan Cilacap dari SGS. Sertifikasi ISO 9002 dan 14001 bagi PT Holcim Indonesia Tbk sangat membanggakan karena PT Holcim Indonesia Tbk merupakan perusahaan pertama di Grup Holcim Asia Pasifik yang memperoleh sertifikasi ISO 9001 dan ISO 14001 untuk seluruh unit operasionalnya.

PT Holcim Indonesia Tbk juga mencatat prestasi lain yang patut dibanggakan, yaitu memenangkan penghargaan Pencapaian Terbaik dari Hewlett Packard di bidang Teknologi Informasi dan Medali Emas untuk Kendali Mutu di Konvensi Mutu Indonesia pada tahun 2000.

Strategi

Pasar :

  • Menawarkan produk dan layanan bernilai tambah
  • Memperluas jaringan usaha waralaba
  • Menjalin kemitraan strategis di bidang konstruksi berkelanjutan

Energi, produksi, investasi dan keuangan :

  • Melakukan investasi untuk perluasan usaha di masa depan
  • Meningkatkan produksi/efisiensi energy
  • Memperluas dan memperbaiki jaringan logistik
  • Mengelola hutang dengan baik
  • Membagikan dividen

Lingkungan Hidup :

  • Geocycle = menyegiakan solusi pengelolaan limbah
  • Melakukan program pelestarian lingkungan hidup
  • Melakukan rehabilitasi lahan tambang

Masyarakat :

  • Meningkatkan taraf hidup dan penghasilan masyarakat sekitar

Personil :

  • Menerapkan standar keselamatan kerja yang tinggi pada kontraktor

Pelaksanaan

Pasar :

  • Peluncuran kampanye komunikasi pemasaran ‘Lebih dari Semen’. Program ‘Customer-Centric Culture’ dicanangkan sebagai langkah strategis dalam organisasi.
  • Kembali menyelenggarakan pelatihan untuk 2.325 ahli bangunan, dan perjanjian kerja sama dengan lebih dari 100 gerai baru waralaba ritel Solusi Rumah. Waralaba unit produksi beton siap pakai ketiga diresmikan di Bali.
  • Peluncuran sistem Indoor Climate Solutions bersama Sanwell Austindo dan Uponor.
  • Pembangunan gedung di area kampus Akademi Teknik Mesin Industri (ATMI) dimulai, pencapaian baru di bidang konstruksi berkelanjutan; penyelenggaraan pelatihan kejuruan bekerja sama dengan ATMI.
  • Kemitraan baru kembali dijalin dengan sejumlah perusahaan dalam pengadaan produk dan jasa untuk waralaba Solusi Rumah: Zurich Insurance, CS steel, Bluescope Lysaght, SITECO dan SIKA.

Energi, produksi, investasi dan keuangan :

  • Proyek pembangunan pabrik Tuban berjalan lancar, dan siap diresmikan pada triwulan keempat 2013.
  • Sistem produksi maupun pemeliharaan ditingkatkan, dan operator diikutsertakan dalam pelatihan sehingga semakin mengurangi gangguan kegiatan operasional pabrik. Bahan aditif mulai dimanfaatkan untuk menaikkan kapasitas finish mill.
  • Silo di Perawang, Dumai dan Batam memperluas jangkauan logistik ke pasar di Sumatra. Rantai pasokan dipetakan dan dianalisa seluruhnya untuk memperbaiki sistem logistik Jawa-Bali sehingga waktu pengiriman semakin cepat dan memperluas penetrasi pasar.
  • Jaringan pengiriman beton siap pakai atau RMX diperluas dengan penambahan unit produksi beton siap pakai dan lokasi baru.
  • Kas ditingkatkan, hutang dikurangi, kredit diperketat.
  • Langkah peningkatan laba dan penambahan kas mendapat dukungan dari pemegang saham.

Lingkungan Hidup :

  • Perusahaan mulai menyediakan layanan konsultasi di lapangan untuk klien besar.
  • Kajian keanekaragaman hayati di Pulau Nusakambangan hasil kerja sama dengan Flora and Fauna International (FFI) selesai dilaksanakan; rencana manajemen konservasi tengah dievaluasi para pemangku kepentingan.
  • Bekas tambang silika Cibadak direhabilitasi; lahan mulai dikonversi menjadi Hutan Pendidikan dengan bantuan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Masyarakat :

  • Program pemberdayaan ditingkatkan dengan sasaran penyediaan lapangan kerja, infrastruktur, pendidikan dan kesehatan.
  • Rencana induk baru untuk program Tanggung Jawab Sosial perusahaan (CSR) tahun 2011 selesai dibuat.

Personil :

  • Menyelenggarakan program pelatihan mengemudi aman untuk kontraktor dan uji tingkat kelelahan pengemudi khusus untuk para kontraktor.
  • Melaksanakan program kesehatan pribadi karyawan.

Hasil

Pasar :

  • Hasil penjualan naik 26,2%.
  • Pangsa pasar nasional meningkat menjadi 15,5%.
  • Volume penjualan MiniMix mencapai angka tertinggi.
  • Solusi Rumah Holcim tercatat sebagai jaringan ritel bahan bangunan terbesar di Indonesia dengan jumlah gerai 399 unit dan ahli bangunan terdaftar lebih dari 11.500 orang.
  • Proyek Solusi Rumah dan konstruksi berkelanjutan meningkat 71%.
  • Semakin dikenal masyarakat.
  • Memperbanyak jenis produk yang ditawarkan, memberikan nilai tambah kepada pelanggan, peningkatan penjualan.

Energi, produksi, investasi dan keuangan :

  • Fase proyek pada tahun 2011 berjalan tepat waktu, sesuai anggaran dan tanpa kecelakaan yang menyebabkan hilangnya jam kerja.
  • Per bulan Januari 2012, 400 dari 700 tenaga kerja yang bekerja di proyek Tuban adalah tenaga kerja dari daerah setempat.
  • Produksi semen dan klinker meningkat.
  • Kemampuan produksi dan tingkat kesiapan fasilitas finish mill meningkat.
  • Volume penjualan di luar Pulau Jawa naik 45%.
  • Volume penjualan di seluruh Indonesia naik 31,5%.
  • Penandatanganan kontrak sejumlah proyek infrastruktur skala besar seperti pembangunan pembangkit listrik, terminal peti kemas dan jalan tol.
  • Posisi neraca yang sehat.
  • Pengelolaan modal kerja bersih.
  • Persentase modal saham meningkat, jumlah kas berhasil diturunkan.

Lingkungan Hidup :

  • Volume limbah industri yang berhasil ditangani naik 164%.
  • Jumlah klien bertambah, termasuk klien dari lembaga pemerintahan.
  • Pabrik Cilacap meraih penghargaan PROPER Emas untuk kedua kalinya ; pabrik Narogong memperoleh status PROPER Hijau.
  • Rencana kegiatan keanekaragaman hayati selesai disusun; lokasi tambang diamankan.
  • Nota kesepahaman tentang proyek pengembangan Hutan Pendidikan ditandatangani dengan IPB.

Masyarakat :

Þ    Menerima berbagai penghargaan dari pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten atas program Tanggung Jawab Sosial perusahaan.

Personil :

Þ    Perusahaan terus bekerja sama dengan semua kontraktor memperbaiki kinerja kesehatan dan keselamatan kerja (K3) semua pihak yang terlibat dalam kegiatan operasional perusahaan.

Source :

  1. Holcim
  2. Google1
  3. Google2

2 thoughts on “Tugas Kapita Selekta Informatika – Implementasi Rencana Strategi Perusahaan Multinasional / Terbuka

Leave a comment